Published On: Fri, Aug 11th, 2017

Real Madrid Era Zidane Sejajar Barcelona Era Pep Guardiola

Zinedine Zidane

Real Madrid era Zinedine Zidane dapat disejajarkan dengan Barcelona era Pep Guardiola. Meskipun saat ini koleksi gelar Los Blancos belum sedahsyat Barca era Pep, menurut Vicente Del Bosque ada kemiripan antara satu sama lain; yaitu kekuatan lini tengah yang menjadi kunci kesuksesan.

Barcelona era Pep Guardiola dapat dikatakan adalah Barcelona terbaik sepanjang masa. Pasalnya, dalam tempo empat tahun saja, klub Catalan mampu merebut 14 gelar. Bahkan di tahun pertama, Barca mampu menyapu bersih semua gelar alias mendapatkan sextuple (enam trofi).

Sampai sekarang, belum ada klub manapun yang mampu menyamai pencapaian tersebut. Bahkan Barcelona era kini, seperti menjadi bayang-bayang kehebatan mereka sendiri di masa lalu. Keberadaan trio Andres Iniesta-Xavi-Sergio Busquets dinilai sebagi kunci vital kala itu.

Di sisi lain, sekarang muncul Real Madrid era Zinedine Zidane yang dalam dua tahun pertama berhasil memetik dua gelar Liga Champion. Sama seperti Barca era dahulu, kini Madrid memiliki trio penguasa lini tengah. Bedanya, jika dulu Barca mengandalkan jebolan akademi mereka sendiri, Madrid memakai jasa Luka Modric-Casemiro-Toni Kroos.

Kekuatan lini tengah Real Madrid ini bahkan mampu membuat Trio BBC, trisula lini depan Los Blancos tidak terlalu ‘penting’ lagi bagi tim. Dan bagi Vicente Del Bosque, kenyataannya, Madrid yang sekarang, seperti sedang membuat jalan untuk menyetarai Barca era Pep Guardiola.

Katanya, “Real Madrid era ini ni bisa dinilai sejajar dengan Barcelona era Pep Guardiola. Itu jelas. (Keberhasilan merebut gelar) Liga Champions dan Piala Super (UEFA dua kali beruntunlah yang) memasukkan mereka ke dalam kategori setara itu.”

“Pemain penuh kerja keras telah digabung bersama di lini tengah (tim) dan mulai dari sanalah semuanya dimulai.”

Kekuatan Real Madrid akan semakin terbukti jika mereka mampu memenangi Piala Super Spanyol melawan Barcelona yang digelar pada 14 dan 17 Agustus 2017 mendatang.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru