Published On: Mon, Aug 14th, 2017

Dorong Wasit, Cristiano Ronaldo Resmi Dihukum Lima Laga

Ricardo de Burgos Bengoetxea Cristiano Ronaldo

Megabintang Real Madrid Cristiano Ronaldo resmi dihukum larangan bertanding sebanyak lima pertandingan akibat aksi tidak terpujinya dalam partai leg pertama Piala Super Spanyol melawan Barcelona di Camp Nou, Senin (14/8) dini hari WIB.

Rinciannya, Ronaldo mendapat skors satu laga akibat kartu merah yang diterimanya ditambah dengan skors empat laga akibat mendorong wasit Ricardo de Burgos Bengoetxea, beberapa saat setelah sang pengadil lapangan mencabut kartu merah untuknya. Selain itu, Ronaldo juga didenda €3005 (sekitar Rp47 juta), adapun Madrid juga terkena denda €1400.

Laga itu sendiri dimenangi Madrid 3-1 dengan Ronaldo turut menyumbang sebuah gol cantik di babak kedua. Pasukan Zinedine Zidane pun tinggal mempertahankan keunggulan itu atau maksimal kalah 2-0 dalam leg kedua sebagai syarat menjuarai Piala Super Spanyol.

Namun diskusi pascalaga terfokus pada momen di menit ke-81 ketika Ronaldo mendapat kartu kuning kedua lantaran dinilai melakukan diving. Kartu kuning pertama didapatkannya akibat melakukan selebrasi buka baju ketika mencetak gol.

Tidak terima dirinya diusir, Ronaldo tiba-tiba melakukan tindakan tak terduga dengan mendorong Bengoetxea. Dalam catatan laporan pertandingan, Bengoetxea menuliskan tindakan Ronaldo itu sebagai “dorongan ringan kepada wasit”.

Hukuman yang dijatuhkan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) kepada Ronaldo ini tergolong minimalis. Pasalnya, menurut peraturan artikel 96, seorang pemain yang melakukan kekerasan ringan kepada wasit terancam larangan bertanding sebanyak empat hingga 12 laga.

Dengan skors ini, Ronaldo bakal menepi dalam leg kedua di Santiago Bernabeu pada Rabu (16/8) mendatang. Ia juga tidak diizinkan bermain dalam empat partai pembuka La Liga Spanyol 2017/8 kontra Deportivo La Coruna, Valencia, Levante, dan Real Sociedad.

Ronaldo dan Madrid memiliki waktu sepuluh hari untuk mengajukan banding.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru