Published On: Mon, Mar 20th, 2017

(CUPLIKAN GOL) Barcelona 4-2 Valencia: Blaugrana Mujur!

Babak Pertama

Berlaku sebagai tuan rumah, tidak butuh waktu lama bagi Barcelona untuk langsung melancarkan serangan berbahaya ke jantung pertahanan Valencia. Beruntung bagi Los Che, bek mereka, Jose Gaya mampu mematahkan permainan menyerang La Blaugrana.

Hingga 20 menit babak pertama, skuat asuhan Luis Enrique terus mendominasi permainan. Sayangnya, Barcelona justru harus merasakan ketertinggalan lebih dulu dari Valencia pada menit ke-29.

Berawal dari situasi tendangan sudut, Eliaquim Mangala mampu menyudul bola tendangan Daniel Parejo yang tidak mampu terhalau oleh Marc-Andre ter Stegen. Skor 1-0, Valencia unggul lebih dulu dari Barcelona.

Tertinggal satu gol membuat Barcelona semakin gencar membuat peluang untuk membobol ketatnya lini pertahanan Valencia. Selang enam menit dari gol yang dicetak Mangala, publik Camp Nou akhirnya bersorak kegirangan setelah Luis Suarez mampu memasukkan bola ke gawang yang dijaga Diego Alves.

Neymar yang mengambil lemparan ke dalam dengan cerdik melihat posisi Suarez yang tak terjaga. Sebuah tembakan ke tiang jauh pun mampu dilakukan mantan penyerang Liverpool itu dan membuat keadaan menjadi imbang 1-1.

Satu menit jelang waktu normal babak pertama, petaka mendatangi kubu Valencia. Pasalnya, pencetak gol mereka, Mangala mendapat kartu merah dari wasit setelah terbukti menarik baju Suarez di kotak penalti.

Hal itu juga membuat La Blaugrana mendapat hadiah penalti. Lionel Messi yang ditunjuk sebagai eksekutor pun mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan membuat Barcelona berbalik unggul 2-1.

Akan tetapi, keunggulan Barcelona itu tidak bertahan lama. Pasalnya, pada menit 45+1, Munir El Haddadi yang dipinjam Valencia dari Barcelona mampu membuat kedudukan kembali menjadi imbang 2-2.

Jose Gaya yang berlari ke arah kotak penalti Barcelona mampu mengecoh dua pemain belakang, sebelum memberi sebuah umpan manis kepada Munir di kotak penalti. Gol Munir itu pun menjadi tanda berakhirnya pertandingan babak pertama.

Babak Kedua

Kembali dari ruang ganti, Barcelona yang diuntungkan dari segi jumlah pemain kembali mengambil inisiatif serangan. Tidak butuh waktu lama, tepatnya tujuh menit sejak dimulainya babak kedua, mereka sudah mampu kembali unggul atas Valencia.

Messi berhasil kembali mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang asal Argentina itu melakukan aksi individual untuk mengecoh satu pemain belakang Valencia. Setelahnya, sebuah sepakan keras ia keluarkan dan mamaksa Alves lagi-lagi memungut bola dari gawangnya. Skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Barcelona.

Meskipun hanya bermain dengan 10 pemain lantas bukan berarti membuat Valencia terus bermain bertahan. Dengan mengandalkan pola serangan balik, Enzo Perez dkk berusaha keras untuk dapat kembali mengimbangi Barcelona. Namun, usaha tersebut terbentur kondisi stamina para pemain yang dipaksa mengikuti pergerakan Barcelona.

Hingga memasuki menit ke-80, Barcelona masih mendominasi penguasaan bola. Namun, belum ada gol tambahan yang mereka ciptakan.

Barulah satu menit jelang berakhirnya waktu normal 90 menit pertandingan, Andre Gomes yang masuk sebagai pemain pengganti, menyusul jejak Suarez dan Messi dengan mencatatkan namanya di papan skor.

Memanfaatkan umpan dari Neymar, Gomes mampu menyelesaikannya dengan tenang lewat sepakan ke arah tiang jauh. Skor 4-2 untuk kemenangan Barcelona pun sekaligus menutup jalannya pertandingan.

Atas kemenangan ini, Barcelona kembali menempel ketat rival utamanya, Real Madrid di papan klasemen La Liga Spanyol 2016/17. Blaugrana saat ini berada di peringkat dua klasemen dengan perolehan 63 poin dari 28 laga, berselisih dua poin dengan Madrid yang sudah punya 65 poin dan masih memiliki satu laga tersisa untuk dimainkan.

Sementara Valencia masih harus berada di peringkat 14 dengan koleksi 30 poin dari 28 laga yang sudah mereka jalani.

Susunan Pemain Kedua Tim

Barcelona (3-3-1-3): Marc-Andre ter Stegen; Javier Mascherano, Gerard Pique, Samuel Umtiti; Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Andres Iniesta; Lionel Messi; Rafinha, Luis Suarez, Neymar.
Cadangan: Denis Suarez, Jasper Cillessen, Francisco Alcacer, Jordi Alba, Lucas Digne, Sergi Roberto, Andre Gomes.
Pelatih: Luis Enrique.

Valencia (4-5-1):  Diego Alves; Martin Montoya, Ezequiel Garay, Eliaquim Mangala, Jose Gaya; Daniel Parejo, Enzo Perez; Joao Cancelo, Carlos Soler, Fabian Orellana; Munir El Haddadi.
Cadangan: Guilherme Siqueira, Zakaria Bakkali, Simone Zaza, Jaume, Alvaro Medran, Aymen Abdennour, Eugeni Valderrama.
Pelatih: Voro.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru


[X] close