Published On: Mon, Nov 13th, 2017

Fabio Capello Kritik Sepakbola Italia

Fabio Capello

Pelatih kawakan Italia, Fabio Capello menilai bahwa situasi sepakbola Italia tidak terlalu apik. Prestasi yang diraih oleh tim nasional Italia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 bisa jadi salah satu indikasinya.

Saat ini, Italia terancam tidak bisa tampil di Piala Dunia 2018. Sebab, Gianluigi Buffon dan kolega kalah 1-0 di leg pertama babak play off atas Swedia di Friens Arena.

Peluang bagi Italia belum tertutup karena masih ada pertandingan leg kedua di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB.

Menurut Capello, apa yang terjadi saat ini tidak lepas dari fondasi sepakbola Italia yang salah. Bukan hanya di level senior, tapi kesalahan juga sudah dimulai pada tataran pembinaan pemain di usia muda atau level akademi.

“Masalah dengan sepakbola Italia adalah kita selalu bisa mencari alasan saat keadaan buruk,” kecam Capello.

“Jika seluruh pelaku sepakbola di Italia, mulai dari akademi untuk pemain muda, tidak bisa menghasilkan fondasi yang kuat, lalu bagaimana orang Jerman melakukannya?,” sambung mantan pelatih Juventus tersebut.

Kesalahan di level akademi ini, menurut Capello, membawa dampak yang sistemik. Termasuk untuk stok pemain berbakat yang siap untuk bersaing di kompetisi level tertinggi yakni Serie A. Talenta lokal pun sulit menyesuaikan dengan standar yang diminta klub.

Hasilnya, pemain asing lebih dominan dalam skuat klub-klub elit di Serie A.

“Karena sistem usia muda kurang bagus, sebagai gantinya, kami terus mendatangkan pemain lebih banyak dari luar Italia. Hal seperti ini hanyalah sebuah bisnis bagi kami,” tegas Capello.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru