Published On: Tue, Jun 19th, 2018

10 Pemain Kolombia Bertekuk Lutut di Kaki Jepang

Jepang secara mengejutkan berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 1-2 dalam laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 yang digelar di Mordovia Arena, Saransk, Rusia, Selasa malam (19/6/2018).

Jepang boleh dibilang lebih beruntung di laga itu. Sejak awal laga, Jepang sudah unggul 0-1 berkat gol dari titik penalti, sementara Kolombia dipaksa bermain dengan hanya 10 pemain.

Meski sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 sebelum babak pertama usai, Jepang yang lebih mendominasi karena unggul satu pemain berhasil menundukkan wakil Amerika Selatan itu lewat satu gol di babak kedua.

Samurai Biru – julukan tim nasional Jepang – unggul cepat di laga itu lewat eksekusi penalti Shinji Kagawa pada menit ke-6. Hadiah penalti yang diperoleh Jepang diperoleh setelah Carlos Shancez memblok tembakan Kagawa di dalam kotak penalti.

Sial bagi Kolombia, karena tak cuma menerima hukuman penalti, mereka juga harus bermain dengan hanya 10 pemain sejak menit ketiga setelah wasit Damir Skomina dari Slovenia mengusir Sanchez dari lapangan.

Bermain dengan 10 pemain, pelatih Kolombia, Jose Pekerman berusaha mengamankan lini belakang dengan memasukkan Wilmar Barrios pada menit 31 untuk menggantikan Juan Cuadrado.

Setelahnnya, Kolombia tampil kembali menekan meski hanya dengan 10 pemain. Kerja keras Kolombia terbayar pada menit 39, setelah Juan Quintero membobol gawang Enji Kawashima melalui tendangan bebas cerdik, yang melesatkan bola di bawah kaki pagar hidup Jepang.

Skor 1-1 pun bertahan hingga laga babak pertama usai.

Di babak kedua, Jepang tampak lebih berani memanfaatkan keunggulan satu pemain untuk menekan Kolombia. Alhasil, nyaris di sepanjang laga Jepang berhasil mengunci Kolombia di separuh lapangan mereka sendiri.

Kolombia berusaha keluar dari tekanan dan menyerang dengan memasukkan gelandang James Rodriguez pada menit 59.

Jepang sendiri berusaha menyegarkan lini tengahnya dengan memasukkan Keisuke Honda untuk menggantikan Kagawa pada menit 70.

Strategi Jepang ini rupanya lebih jitu. Terbukti pada menit 73 Jepang berhasil mengubah skor menjadi 1-2, setelah Yuya Osako membobol gawang David Ospina lewat sebuah sundulan, memanfaatkan umpan Honda dari sepak pojok.

Kolombia berusaha membalas di sisa pertandingan, tetapi pertahanan Jepang masih terlalu kuat untuk ditembus.

Alhasil, hingga laga berakhir, tak ada lagi gol tercipta di laga itu.

Formasi dan susunan pemain:

Kolombia (4-3-2-1): David Ospina; Oscar Murillo, Davinson Sanchez, Johan Mojica, Santiago Arias; Carlos Sanchez, Jefferson Lerma; Juan Cuadrado (Wilmar Barrios 39′), Juan Quintero, Jose Izquierdo; Radamel Falcao.

Jepang (4-2-3-1): Enji Kawashima; Gen Shoji, Maya Yoshida, Hiroki Sakai, Yuto Nagatomo; Gaku Shibasaki, Makoto Hasebe; Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru

[X] close