agen bola judi online
Published On: Mon, Mar 12th, 2018

Pemain-pemain Asia yang Merumput di Polandia

Egy Maulana Vikri mengguncang jagat sepak bola Indonesia setelah memutuskan bergabung dengan tim Polandia, Lechia Gdansk. Pemain kelahiran Medan, Sumatera Utara, itu diikat kontrak oleh tim yang bermarkas di Stadion Energa Gdansk itu selama tiga tahun mulai musim 2018/19.
Liga Polandia atau yang sering disebut dengan Ekstraklasa memang terdengar asing. Namun, kompetisi yang berada di posisi sembilan koefisien UEFA ini kerap kali menjadi destinasi para pemain Asia untuk meniti karier.
 
Nah, Egy bukan satu-satunya pemain Asia yang pernah bermain di Ekstraklasa. Ada sekitar 16 pemain Asia yang pernah merumput di Ekstraklasa. Namun, jika hanya fokus pada Lechia Gdansk, Egy menjadi pemain Asia ketiga yang pernah merumput di tim yang mempunyai jersi berwarna putih hijau itu.
Sebelumnya, ada nama pemain asal Jepang, Daisuke Matsui yang merumput untuk Lechia pada musim 2013/14. Saat itu, Matsui datang dari tim asal Bulgaria, Slavia Sofia. Lechia pun menjadi klub Eropa terakhir Matsui sebelum dirinya kembali ke Jepang untuk membela Jubilo Iwata.
Bersama Lechia, Matsui hanya bermain setengah musim. Total, Matsui bermain sebanyak 16 pertandingan dan berhasil mencetak empat gol. Kini, gelandang serang berusia 36 tahun itu tengah menghabiskan karier sepak bolanya bersama klub level kedua di J-League, Yokohama FC.
Selain Matsui, ada nama Tsubasa Nishi yang bermain untuk Lechia pada 2014. Nasib Nishi tidak lebih baik daripada Matsui. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu lebih banyak dipinjamkan oleh Lechia ke klub seperti Widzew Lodz dan Stomil. Pada musim 2016/17, Nishi akhirnya dipermanenkan oleh Stomil.
Pesepak bola Jepang memang tergolong banyak yang meniti kariernya di Polandia. Tercatat ada sembilan pemain asal Jepang yang merumput di kompetisi sepak bola Polandia.
Namun, pemain Asia yang merumput di kompetisi Polandia bukan hanya dari Jepang saja. Berikut lima pemain Asia yang pernah merumput di Polandia.
Dong Fangzhou (Cina)
Nama Dong Fangzhou tidak terdengar asing bagi pecinta sepak bola dunia. Ya, pemain berkebangsaan China ini memang pernah merumput untuk raksasa Inggris, Manchester United. Namun, Dong tidak begitu berkembang di United. Yotal hanya tiga pertandingan dalam kompetisi resmi yang dilakoni Dong bersama United.
 

Dong Fangzhou

Pemain Asia yang pernah merumput di Polandia. (Foto: ANDREW YATES / AFP)

Usai dilepas United, Dong sempat kembali ke Asia untuk bergabung dengan Dalian Shide. Dua musim di Dalian Shide, Dong kembali ke Eropa dan merumput bersama raksasa Polandia, Legia Warszawa pada musim 2009/10.
Bermain di Legia, karier Dong juga tidak bersinar. Pemain yang kini sudah pensiun itu hanya bermain sebanyak empat kali. Tidak ada sumbangan gol yang dibuat oleh Dong selama berkarier di Polandia.
 
Kim Min-Kyun (Korea Selatan)
Korea Selatan juga tidak ingin ketinggalan mengirim wakilnya untuk bermain di Ekstraklasa. Adalah Kim Min-Kyun yang pernah berseragam Jagiellonia Białystok pada musim 2013/14.
Awalnya Kim dikontrak selama dua setengah musim di Jagiellonia. Itu karena penampilan apiknya saat mengikuti trial bersama tim. Usai dikontrak, Kim gagal menunjukkan penampilan gemilang. Dirinya hanya bermain lima kali, semuanya tidak penuh 90 menit.
Kim lalu bermain di tim junior Jagiellonia Białystok sebelum memutuskan kontrak dan memilih kembali bermain di Asia untuk Fagiano Okayama.
 
Jacob Burns (Australia)
Wisla Krakow mendatangkan Burns dari tim Inggris, Barnsley, pada musim 2005/06. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu dibeli dengan mahar 100 ribu euro oleh Krakow.
Bersama Krakow, Burns tampil cukup sering. Tercatat 22 kali Burns bermain untuk Krakow dan berhasil mencetak 2 assist. Sayang, Burns gagal mempersembahkan gelar untuk Krakow. Dia pun hijrah usai dua musim berseragam dengan Krakow dan memilih bergabung dengan tim asal Rumania.
Burns juga memiliki jam terbang cukup banyak bersama Timnas Australia. Total 10 kali Burns merumput bersama Australia.
 
Alexis Norambuena (Palestina)
Alexis memang lahir di Chile, namun dirinya mempunyai darah Palestina dan memutuskan untuk bergabung dengan Timnas Palestina. Sudah 7 cap dibukukan Alexis bersama Timnas Palestina.
Nah, Alexis juga pernah bergabung dengan tim Polandia. Total ada dua tim Polandia yang pernah dibela oleh Alexis selama karier sepak bolanya. Pertama, pada musim 2007/08, dia bergabung dengan Jagiellonia Białystok.
Hampir tujuh musim berseragam Jagiellonia, Alexis tampil sebanyak 146 kali dengan mencetak empat gol. Dia juga berhasil mengantarkan Jagiellonia menjadi juara Piala Polandia pada musim 2009/10.
Pemain yang memiliki posisi di belakang ini lalu bergabung ke GKS Belchatow seusai merumput di Jagiellonia. Hanya semusim Alexis tampil di Belchatow, dirinya bermain sebanyak 19 kali.
 
Ryota Morioka (Jepang)
Musim 2015/16, Morioka memutuskan hijrah dari Vissel Kobe ke klub Polandia, Sląsk Wrocław. Padahal, Morioka sudah menghabiskan enam musim bersama tim asal Jepang tersebut.
Bersama Śląsk Wrocław, Morioka, juga tidak kalah hebat. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu sukses bermain sebanyak 51 kali dan menyumbangkan 15 gol serta 11 assist.
 

Ryota Morioka

Morioka (kiri) pernah bermain di Polandia. (Foto: TORU YAMANAKA / AFP)

Pemain yang sudah memiliki empat cap bersama Timnas Jepang itu lalu memutuskan pindah ke Jupiler Pro League atau Liga Utama Belgia. Kini, dia tercatat sebagai pemain Anderlecht
loading...

About the Author

-

Berita Terbaru

[X] close