happistar









 agen bola judi online
Published On: Thu, May 17th, 2018

Pelajaran Berharga Bagi Persija Dan Bali United Di Piala AFC 2018

Persija Jakarta baru saja tersingkir di semifinal Piala AFC 2018 zona ASEAN. Kekalahan 1-3 dari Home United i Gelora Bung Karno, Selasa (15/5) malam WIB lalu membuat Macan Kemayoran kalah dengan agregat 3-6 dari wakil Singapura.

Dengan tersingkirnya Persija praktis tak ada lagi tim Indonesia yang berlaga di kancah Asia pada musim ini. Sebelumnya Bali United bahkan sudah tersingkir di fase grup setelah hanya menempati juru kunci di grup G dengan koleksi lima poin dari enam pertandingan.

Meski mengecewakan, kegagalan Persija Jakarta dan Bali United bisa dipahami. Sepak bola Indonesia baru saja kembali lagi bisa bernafas setelah sanksi dari FIFA yang membekap selama satu tahun, Mei 2015 hingga Mei 2016.

Ajang Piala AFC tahun ini juga menjadi ajang pertama bagi klub-klub asal Indonesia di kancah kontinental sejak Persib Bandung dan Persipura Jayapura terakhir kali merasakannya pada tahun 2015 lalu.

Untuk bisa berprestasi di level Asia memang butuh proses. Persipura yang sejauh ini menjadi tim Indonesia tersukses di Piala AFC dengan sukses melaju hingga babak semifinal di tahun 2014 lalu juga tak langsung berprestasi. Selain itu baik Persija ataupun Bali United tak memiliki kedalaman skuat yang bagus. Ketika harus melakukan rotasi pemain yang dipasang tak sesuai harapan hingga membuat laga yang harusnya bisa dimenangkan tak bisa dimenangkan.

Terlabih bagi Persija dan Bali United ini adalah kali pertama bagi mereka tampil di Piala AFC. Persija memang sempat merasakan tampil di Liga Champions Asia. Namun, hal itu terjadi di tahun 2001 lalu. Kala itu Bambang Pamungkas dan kolega juga langsung takluk dari wakil Jepang, Kashima Antlers di babak pertama dengan skor telak 4-1.
Sementara itu Bali United sendiri baru berdiri sejak tahun 2015.

Kini baik Persija ataupun Bali United bisa fokus bertarung di kompetisi domestik. Jika mereka berpretasi di ajang Liga 1 musim ini tentu dua klub ini bisa kembali ke Asia di musim depan, tentu dengan persiapan yang lebih baik.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru

[X] close