Published On: Mon, Mar 12th, 2018

Datangkan Egy Maulana, Lechia Gdansk Terancam Sanksi FIFA?

Teka-teki klub eropa mana yang akan menjadi pelabuhan bintang timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri akhirnya terungkap sudah. Minggu (11/02/18) malam, Egy akhirnya diperkenalkan secara resmi oleh klub asal Polandia Lechia Gdansk.

Bermain dalam kasta tertinggi Liga Polandia, selain memiliki kualitas dan fasilitas yang terhitung bagus sebagai klub eropa, dipilihnya Lechia oleh pemain asal Medan itu karena dirinya mendapatkan jaminan masuk tim utama pada tim yang kini di latih Piotr Stokowiec itu.

Namun apakah semudah itu Egy bisa langsung masuk kedalam tim utama? bukankah ada peraraturan FIFA yang melarang sebuah klub membeli pemain non uni eropa yang berusia dibawah 18 tahun? dan usia Egy saat ini belum menginjak usia 18 tahun?

Tahun 2009 FIFA memperbaruhi peraturan mengenai regulasi status dan transfer pemain yang dalam salah satu pasalnya mengatur mengenai transfer pemain di bawah usia 18 tahun.

Dalam pasal 19 tertulis, “Transfer pemain internasional hanya diizinkan jika pemain sudah berusia lebih dari 18 tahun.”

Namun dalam pasal tersebut juga tertulis beberapa pengecualian. Pertama, jika orang tua pemain juga ikut pindah ke negara tempat klub baru berasal untuk alasan yang tidak berkaitan dengan sepak bola.

Kedua, transfer tersebut terjadi di wilayah Uni Eropa (EU) atau Area Ekonomi Eropa (EEA) dan pemain berusia antara 16 dan 18 tahun. Terakhir, jarak maksimum antara tempat tinggal pemain dan markas klub harus tidak lebih dari 100 km.
Hukuman

Egy lahir di Medan pada 7 Juli 2000. Itu berarti usianya saat ini belum genap 18 tahun. Dengan fakta tersebut, Lechia Gdansk bisa jadi menyalahi aturan FIFA jika mengkontrak Egy saat ini.

Berkaca pada beberapa klub eropa yang juga pernah mendatangkan pemain berusia dibawah 18 tahun, seperti Barcelona dan Real Madrid. Mereka tidak bisa lepas dari jeratan hukuman yang diberikan FIFA lantaran melanggar pasal 19 itu.

Barcelona pernah mendapatkan hukuman karena kelima pemain di bawah usia yang dibelinya, seperti Seung Woo-lee, Park Seung-ho, Jang Gyeol-hee (Korea Selatan), Theo Chendri (Perancis), Bobby Adekanye (Nigeria), dan Patrice Sousia (Kamerun), tidak boleh dimainkan sekalipun dalam level junior.

Lebih parah lagi, hukumannya juga bisa meningkat ke arah larangan ikut serta dalam suatu periode bursa transfer, seperti yang juga pernah dialami Barcelona dan juga Madrid ketika mendatangkan Odegaard.

Egy yang belum menginjak usia 18 tahun memang secara resmi telah diperkenalkan ke hadapan publik klub yang bermarkas di kota Gdansk itu pada Minggu (11/03/18).

Namun dalam keterangan resminya, kontrak Egy baru berlaku pada musim panas nanti tepatnya pada 8 juli 2018 ketika usia Egy sudah resmi menyentuh angka 18 tahun.

Dalam keterangan yang sama Egy dipastikan akan mendapatkan kontrak berdurasi tiga tahun dengan nilai yang belum diketahui berapa besarannya.

Jadi untuk mengakali pasal 19 yang dikeluarkan FIFA itu, klub berjuluk Bialo-Zielone itu tidak akan terburu-buru untuk memakai jasa pemain berkaki kidal itu.

Dan meski sudah diperkenalkan ke publik, sejatinya secara resmi, Egy saat ini belum berstatus sebagai pemain Lechia Gdansk.

Untuk perkenalannya ke hadapan publik, belum diketahui apakah hal tersebut menyalahi aturan yang dibuat oleh FIFA atau tidak. Hingga berita ini diterbitkan, belum ada kabar tentang ini dari FIFA.

 

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru

[X] close