Published On: Sat, May 26th, 2018

Klopp Hanya Bisa Menang Sekali Dari Enam Final, Pertanda Akan Kalah Lagi?

Liverpool kembali menjadi tim yang disegani di Inggris dan Eropa dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Salah satu penyebabnya tentu adalah sosok Jurgen Klopp.

Datang ke Anfield di pertengahan musim 2015-16 guna menggantikan posisi Branden Rodgers, eks pelatih Borussia Dortmund itu langsung memberikan dampak yang sangat positif bagi The Reds. Salah satu dampak positif itu tentu membawa The Reds melaju ke final Liga Champions di musim ini.

Laga final itu sendiri akan berlangsung di Ibu Kota Ukraina, Kiev, Sabtu (27/5) dini hari WIB nanti. Namun, jelang duel melawan Real Madrid itu, Jurgen Klopp punya catatan buruk di laga final.

Sejauh ini Jurgen Klopp sudah merasakan enam final baik saat masih menukangi Dortmund atau Liverpool. Menariknya, pria asal Jerman itu hanya satu kali berhasil mengantarkan tim asuhannya menjadi juara sementara lima sisanya berujung kekalahan.

Final DFB Pokal musim 2011-12 menjadi satu-satunya final yang sejauh ini bisa dimenangkan Jurgen Klopp

Final pertama Klopp hadir di DFB Pokal musim 2011-12. Di kesempatan pertama itu Klopp sukses membawa Die Borussen menjadi juara setelah dengan luar biasa mereka mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 5-2. Gelar DFB Pokal di musim tersebut melengkapi raihan gelar Bundesliga yang sebelumnya diraih.

Namun, setelah itu tak ada lagi kemenangan yang diraih Klopp di laga final yang ia jalani. Rentetan kekalahan itu dimulai di final Liga Champions musim 2012-13 dimana kala itu Dortmund kalah 1-2 dari Munchen di laga final yang dilangsungkan di Wembley.

Klopp sukses membawa Borussia Dormund melaju ke final Liga Champions 2012-13, namun Bayern Munchen masih terlalu tangguh

Kemudian Klopp juga kalah di dua final DFB Pokal secara beruntun yakni di musim 2013-14 dan 2014-15 dari Bayern Munchen dan Wolfsburg. Kekalahan dari Wolfsburg ini cukup menyakitkan karena selain kian memperburuk kondisi Dortmund yang hanya mengakhiri musim di posisi tujuh pada Bundesliga musim tersebut, kekalahan itu juga menjadi perpisahan yang pahit bagi Klopp dan Dortmund.

Dua kekalahan lagi dialami Klopp menjalani musim pertama bersama Liverpool yakni di ajang Piala Liga dan Liga Europa. Manchester City dan Sevilla menjadi momok bagi Klopp di dua laga final itu, dan hingga kini ia masih belum bisa mempersembahkan gelar juara bagi Liverpool.

Ini adalah final kedua Jurgen Klopp bersama Liverpool, sama seperti di Piala Liga, The Reds juga keok di Liga Europa

Kesempatan untuk mengakhiri catatan buruk itu ada di akhir pekan nanti. Menarik untuk melihat apakah Klopp mampu mengakhiri catatan buruknya atau justru Real Madrid menjadi tim kesekian yang berhasil membuat tim asuhan Jurgen Klopp tak berdaya.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru

[X] close