Published On: Fri, Jan 18th, 2019

5 Penjaga Gawang Paling Berharga Di Dunia Saat Ini

Penjaga gawang adalah salah satu posisi tersulit dan paling menegangkan dalam sepak bola, tetapi itu kerap dianggap remeh oleh publik. Satu kesalahan dari penjaga gawang kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak sorotan daripada berbagai penyelamatan yang dilakukannya.

Namun kini peran kiper mulai mendapatkan lebih banyak apresiasi. Klub-klub mulai mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kiper berkualitas dunia. Musim panas lalu, harga tertinggi untuk seorang kiper berhasil dipecahkan sebanyak dua kali.

Pertama, Liverpool memecahkan rekor dengan mengontrak Alisson Becker dari AS Roma seharga 73 juta euro. Kemudian, Chelsea tak ragu untuk menghabiskan 80 juta euro untuk mendapatkan kiper Spanyol, Kepa Arrizabalaga. Dan pada daftar kali ini, kita akan melihat lima kiper paling berharga di dunia saat ini berdasarkan data dari Sportskeeda.

Thibaut Courtois & Alisson Becker (65 juta euro)

Setelah sukses bersama Chelsea di Premier League, Thibaut Courtois meninggalkan klub Inggris itu untuk bergabung dengan Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2018. Courtois memainkan 154 pertandingan di semua kompetisi selama waktunya bersama Chelsea dan memenangkan dua gelar Liga Inggris.

Namun, kepindahannya ke Real Madrid tidak berjalan sesuai rencana dan dia saat ini tengah kesulitan untuk tampil dalam performa terbaik. Meski demikian, ia adalah penjaga gawang yang hebat dan dinobatkan sebagai kiper terbaik di Piala Dunia 2018.

Sementara itu di Liverpool, banyak orang heran klub itu mau menghabiskan 73 juta euro untuk mengamankan jasa kiper Brasil Alisson Becker dari AS Roma. Namun, Alisson beradaptasi di tim barunya dengan cepat dan mampu memberikan penampilannya yang mengesankan di lapangan.

Liverpool hanya kebobolan 10 gol dalam 22 pertandingan Premier League musim ini dan berada di puncak klasemen liga. Alisson mampu menorehkan 13 clean sheet dalam 22 pertandingan dan akan menjadi kunci bagi Liverpool selama perjuangan mereka untuk meraih gelar liga musim ini.

David de Gea (70 juta euro)

Dengan nilai pasar sebesar 70 juta euro, David de Gea adalah salah satu kiper paling berharga di dunia saat ini. Pemain asal Spanyol itu bergabung dengan Manchester United dari Atletico Madrid pada 2011 dengan biaya yang dilaporkan sebesar 25 juta euro.

Dia meningkat secara signifikan selama beberapa tahun terakhir setelah menjalani awal yang lambat di klubnya. Dia telah memainkan 259 pertandingan Liga Inggris untuk Setan Merah sejauh ini dan memenangkan penghargaan Sir Matt Busby Player of the Year sebanyak empat kali.

Pemain berusia 28 tahun itu memenangkan satu trofi Liga Inggris, satu Liga Europa, satu Piala FA, satu Piala EFL dan tiga Community Shield bersama Manchester United. Ia juga menjadi bagian dari tim FIFA FIFPro World XI 2018 dan juga termasuk dalam PFA Team of the Season sebanyak lima kali dari enam musim terakhir. Performanya yang brilian itu membuatnya kerap dikaitkan dengan Real Madrid.

Jan Oblak & Marc-Andre Ter Stegen (80 juta euro)

Dengan nilai pasar sebesar 80 juta euro, Jan Oblak dan Marc-Andre Ter Stegen adalah kiper paling berharga di dunia saat ini.

Jan Oblak memantapkan dirinya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia dan memainkan peran penting dalam keberhasilan Atletico Madrid selama beberapa tahun terakhir. Setelah bergabung dengan Los Colchoneros pada 2014, Oblak memenangkan satu trofi Liga Europa, satu Supercopa de Espana, satu Piala Super UEFA, dan juga membantu timnya mencapai final Liga Champions pada musim 2015-16.

Pemain berusia 26 tahun itu dianugerahi penghargaan kiper terbaik di La Liga sebanyak dua kali dan juga termasuk dalam tim terbaik Liga Champions UEFA pada dua kesempatan yang berbeda.

Sementara itu Marc-Andre Ter Stegen bergabung dengan Barcelona dari Borussia Monchengladbach pada 2014 dan merupakan pemain reguler di timnya sejak musim 2016-17. Pemain asal Jerman itu telah memainkan 166 pertandingan di semua kompetisi untuk klubnya sejauh ini dan membantu Blaugrana memenangkan sejumlah trofi termasuk tiga gelar La Liga, empat gelar Copa Del Rey dan satu trofi Liga Champions. (Sumber: Sportskeeda)

About the Author

-


[X] close