Published On: Tue, Jun 20th, 2017

5 Kiper Inggris Termahal di Premier League

Jordan Pickford

Everton sudah menuntaskan kepindahan kiper muda Jordan Pickford yang digaet dari Sunderland. Kiper berusia 23 tahun itu ditebus dengan harga mencapai 25 juta pounds yang bisa meningkat hingga 30 juta pounds tergantung performa individu dan tim.

Pickford sudah menandatangani kontrak selama lima tahun di Goodison Park. Banderol tinggi ini menjadi rekor transfer termahal yang pernah dilakukan Everton dan sekaligus membuat Pickford sebagai kiper Inggris termahal.

Selain Pickford, siapa saja kiper termahal dalam sejarah Premier League? Berikut ini rangkumannya seperti dilansir talkSPORT.

5. Richard Wright
Sepertinya Steve Simonsen bakal memecahkan rekor kiper Inggris termahal ketika ia bergabung dengan Everton dari Tranmere pada tahun 1998 silam dengan nilai transfer yang bisa mencapai 3,3 juta pounds.

Namun, Simonsen tak bisa memenuhi persyaratan untuk mengaktifkan tambahan bonus sehingga ia gagal memecahkan rekor sampai Arsenal merekrut Richard Wright pada tahun 2001.

Meskipun begitu, setelah gagal menggeser kiper pilihan utama David Seaman, Wright meninggalkan klub setelah hanya 12 bulan untuk bergabung dengan Everton.

4. Chris Kirkland
Tak lama setelah Richard Wright menuju London, Chris Kirkland bergabung dengan Liverpool di hari yang sama saat mereka mendatangkan Jerzy Dudek.

Kirkland saat itu baru bersusia 20 tahun dan Coventry mengumumkan bahwa nilai transfernya sedikit lebih besar dari saat Arsenal mendatangkan Wright.

Kehadiran Dudek dan serangkaian cedera membuat Kirkland tak pernah bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya di Anfield.

3. Craig Gordon
Sunderland mengeluarkan dana yang besar untuk seorang kiper delapan tahun yang lalu ketika memboyong Gordon dari Hearts setelah kembali ke Premier League.

Cedera juga menghambat perkembangan Gordon dan bahkan ia sempat absen selama dua tahun setelah dilepas Sunderland pada tahun 2012.

Musim lalu Gordon membantu Celtic meraih treble domestik dan pemain berusia 34 tahun itu dikabarkan sempat menarik minat Chelsea pada bursa transfer Januari kemarin.

2. Fraser Forster
Kedatangan Gordon ke Celtic membuat Fraser Forster harus meninggalkan klub dan bergabung dengan Southampton dengan memecahkan rekor transfer.

Manajer Ronald Koeman saat itu mendatangkan Forster setelah ia mengemas rekor cleansheet 13 kali secara beruntun di Liga Skotlandia.

Sang kiper kembali bermain di Inggris setelah memperkuat The Three Lions di Piala Dunia 2014 meski tak menjadi pilihan utama di turnamen tersebut.

1. Jordan Pickford
Everton memecahkan dua rekor transfer saat memutuskan untuk mendatangkan kiper muda Sunderland.

The Toffees tidak hanya memecahkan rekor kiper termahal tapi juga memecahkan rekor transfer klub yang sebelumnya dibuat oleh Romelu Lukaku pada tahun 2014 lalu saat pindah dari Chelsea.

Kiper berusia 23 tahun itu akan menjadi kiper utama di Goodison Park setelah penampilan Joel Robles dan Maarten Stekelenburg kurang memuaskan sepanjang musim kemarin.

loading...

About the Author

-

Berita Terbaru